Pages

Wednesday, January 7, 2009

Rencana Blog Khusus Tentang Masakan

Saya ini punya sifat yang bisa berubah-ubah dalam mengerjakan pekerjaan. Kadang sangat serius dan tekun sekali kadang super males alias ogah-ogahan. Begitu juga dalam hal masak ini. Kalau pas mode -seneng masak- on. Oh betapa yang berkeliweran di otak saya hanya tentang resep-resep masakan dan imajinasi modifikasi dari resep-resep yang ada. Banyak sekali sebenarnya hobi saya yang bersenggolan dengan kewanita-wanitaan gitu. Dari senengbuat handy craft, menjahit lah, merajut lah, menanam tanaman lah, merangkai bunga lah, dan banyaaakkk sekali yang sudah saya coba. Jika sudah mood, oh jangan heran kalau saya tak bosan-bosan untuk mengerjakannya.

Tapi.. tapi nih, kalau saya sedang switch yang yang satu otomatis yang lain agak tersisih. Contoh kata ni, waktu SMA hobbi saya sedang buat bunga dari pita jepang (bukan pita kado ya, catat!! beda tapi dah salah kaprah) yang disoldir. Buku-buku pelajaran saya tersisih juga. Habis suka sih!! Bahkan sampai menghasilkan uang loh, saya beberapa kali mendapat pesanan dari ibu-bu teman sekolah. Tapi jangan heran kalau sedang suka ngerjain soal-soal matematika (jaman SMA juga) saya nggak sempat utak-atik resep masakan lagi. Dulu sih, ceritanya ingin punya ketrampilan sebanyak-banyaknya.

Kembali ke soal masakan, sedikit cerita ya.. dulu ibuku tidak bisa masak (tahu teori ajah!) yang masakin aku adalah pembantu di rumah. Tapi bapakku termasuk masakannya enak. Tidak puas hati dengan keadaan yang ada (aduh kok nggak syukur ya?? bukan deng ini tantangan), aku bertekat untuk bisa masak yang aku mau. Apalagi kalau dah merasakan lezatnya masakan pesta-pesta besar, wow dahi ini berkerut, kapan ya.. aku bisa masak seperti ini juga.

Nah, dari SD sudah selalu memperhatikan orang masak. Menginjak usia SMP saya memberanikan diri berperan sebagai tukang masak keluarga. Awalnya saya maksain orang-orang di sekitar saya untuk bilang enak. Ternyata memang bilang enak (walaupun belakangan baru aku tahu bilangnya terpaksa hi hi). Sejak itulah, dari masakan lauk pauk dan kue seperti cake, bolu dan biscuit selalu kucoba buat. Hasilnya lumayan aja sih, apalagi belajarnya kebanyakan ya otodidak saja. Sering gagalnya dari suksesnya (walah ngaku saja).

Masak-masak terus berkelanjutan, sampai sekarang. Singkat cerita saya termasuk suka masak, walaupun tidak selalu, asal lagi mood aja. Kalau nggak jangan tanya ya... nanti aku jadi malu. Nah kegitan masaknya belum terdokumenkan. Nah kayaknya sayang juga, secara aku sering masak macam-macam dari yang untuk sendiri, dijual, masakin orang banyak, dari jenis lauk pauk sampai berbagai macam kue dan roti. Insya Allah ada azam, untuk buat blog sendiri tentang masak ini. Rencananya sih hasil masakanku sendiri aja yang saya 'pamerin' sebenarnya bukamo pamer, untuk arsip dan sharing ajah. Tapi nantinya juga pingin merangkum resep2 punya orang, biar kalau mau masak, bisa kayak direktoriku gitu, tidak perlu selalu browsing lagi berulang-ulang. Itung-itung hemat energi.

Dah dulu ya... mau nerusin jahit bed baju seragam Ubai, punya Ali dah selesai yang satu. Eh, tidak lupa mohon doanya teman-teman, kawan-kawan dan keluarga ya... supaya niatku kelakon. Dan yang lebih penting semoga ada manfaatnya, amin.

No comments: